Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Jenis Investasi Reksadana Dan Jenis-Jenis Produknya

 


www.blogrouf.my.id blogger tamvan| kamu mau nyoba invetasi di reksadana?  lebih baik kamu baca dulu 12 jenis produk investasi reksadana disini biar kamu makin paham.


Reksadana sangat cocok bagi kamu yang punya modal kecil tapi ingin investasi. Reksadana juga cocok bagi kamu yang mempunyai pengetahuan minim tentang investasi, di reksadana kamu akan mempunyai manajer investasi yang akan memilihkan reksadana yang cocok buat kamu, jadi kamu gak perlu pusing-pusing milih sendiri. 

Manajer investasi akan memilihkan sesuai profil resikomu saat pertana kali mendaftar. cocok banget bagi kamu yang mager dan gak mau mikir lama. tinggal investasikan sejumlah uang perbulan dan tunggu hasilnya.  


Jenis-jenis Investasi Reksadana

1. Reksadana Saham

    Reksadana saham adalah salah satu jenis reksadana yang potensi naiknya tinggi dibanding jenis reksadana saham yang lain.  reksadana saham ini sudah terbukti dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Mesikipun reksadana saham memiliki potensi lebih besar naiknya daripada jenis reksadana lain, reksadana ini juga memiliki tingkat resiko yang jauh lebih besar juga. Tapi tenang, manajer investasi kita akan memilihkan jenis reksadana sesuai profil resiko kita. 

Durasi reksadana saham biasanya memiliki waktu lebih dari 5 tahun

2. Reksadana Campuran

    Reksadana campuran ini adalah jenis reksadana yang mengkombinasikan antara reksadana obligasi dan reksadana saham atau yang lain dengan porsi yang sudah ditentukan. Reksadana campuran ini biasanya dipilih bagi kamu yang ingin memenuhi kebutuhan dalam jangka menengah. 

Reksadana campuran memiliki resiko lebih kecil dibanding reksadana saham. Reksadana ini biasanya dijalankan dalam kurun waktu 1 - 3 tahun saja

3. Reksadana Obligasi

    Reksadana obligasi merupakan jenis reksadana yang biasanya berisikan surat utang negara atau korporasi dan jenis reksadana obligasi memiliki resiko yang rendah dibandingkan dengan reksadana campuran dan reksadana saham.


Reksadana obligasi cocok untuk keperluan keuangan di bawah 3 tahun, sehingga terbilang salah satu obligasi yang bisa dilakukan dengan waktu yang singkat atau jangka pendek.

4. Reksadana Pasar Uang

    Reksadana pasar uang ini adalah jenis reksadana yang berisi obligasi atau dana tunai yang akan mengalami jatuh tempo. Jenis reksadana ini merupakan yang paling aman dibandingkan jenis reksadana yang lain. 

Tingkat resiko reksadana saham ini juga terbilang sangat rendah, ini juga cocok bagi kamu yang ingin memulai invetasi di reksadana dan ingin memiliki resiko yang rendah.

Reksadana ini memiliki jangka investasi yang lebih pendek yaitu dibawah satu tahun.

5. Reksadana Terstruktur

     Reksadana terstruktur atau sering juga disebut dengan structured fund. Di Indonesia reksadana terstruktur terdiri dari tiga jenis reksa dana yaitu, reksadana indeks, reksadana penjaminan dan reksadana terproteksi.

Reksadana ini adalah  jenis reksadana yang melakukan penempatan investasi di surat berharga seperti obligasi dengan saham

6. Reksadana Terproteksi

    Reksadana terproteksi ini memiliki kesamaan dengan deposito karena memiliki masa jatuh tempo dan membagikan keuntungan secara berkala.

Perbedaan reksadana terptoteksi ini hanya dari peran menajer investasi kita yang melakukan strategi investasi dengan pengelolaan pasif yaitu melakukan pembelian dan memegangnya sampai jatuh tempo.

7. Reksadana Dengan Penjaminan

    Reksadana dengan penjaminan adalah jenis reksadana yang memberikan jaminan nilai awal investasi kepada para investor dan jaminan akan diberikan dengan nilai investasi awal.

Jaminan atau garansi diberikan dengan cara penjaminan dari pihak perusahaan asuransi, namun sampai sekarang belum ada manajer investasi yang mengeluarkan produk reksadana dengan memakai konsep penjaminan.

8. Reksadana Indeks

Reksadana indeks adalah salah satu jenis reksadana yang mengacu pada indeks tertentu dan indeks tersebut akan dijadikan sebagai acuan dalam menentukan kinerja reksa dana indeks. Manajer investasi akan memakai indeks obligasi dan indeks saham untuk menjalankan reksadana jenis ini.

Manajer investasi akan memilih indeks LQ 45 yang berisikan 45 saham liquid dan isi dari reksadana indeks yaitu tiruan dari berbagai saham pada LQ 45. Pada dasarnya, strategi reksadana indeks akan berbeda dengan strategi reksadana saham.

9. Reksadana Sektor Riil

Manajer investasi akan menempatkan dana investasi pada sebuah aset kertas dan akan menempatkan dana investasi pada sektor yang riil. 

Reksadana sektor rill meliputi reksadana penyertaan terbatas atau RDPT, dana investasi real estat atau DIRE dan kontrak investasi kolektif efek beragun asel atau KIK-EBA.

10. Reksadana Penyertaan Terbatas

Reksadana penyertaan terbatas adalah jenis reksadana yang menempatkan dana pada investasi paper aset dan juga reksadana yang menempatkan dana investasi pada sektor yang riil. RPDT adalah sebuah wadah yang dipakai untuk menghimpun dana dari para investor profesional. 

Manajer investasi akan menginvestasikan dana pada sektor yang riil seperti pembangunan infrastruktur dan yang lainnya. Investor profesional menjadi pemodal yang punya kemampuan untuk membeli unit penyertaan dan melakukan analisis risiko RDPT. 


11. Reksadana Investasi Real Estat

Produk reksadana ini memang kurang begitu populer di Indonesia dan reksadana jenis ini terkenal dengan sebutan Real Estate Investment Trust di luar negeri. Secara umum, DIRE merupakan himpunan dana investor yang telah diinvestasikan pada real estat dan setara kas.

Manajer investasi dalam reksadana jenis ini bisa memberi properti berupa bangunan, gedung, tanah, saham dan obligasi.

12. Reksadana Syariah

Reksadana syariah merupakan salah satu intrumen dan mekanisme yang tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah. Manajer investasi tidak akan menempatkan dana investasi pada sektor industri yang akan menimbulkan riba seperti sektor perbankan atau sektor industri penghasil minuman keras.


Itulah jenis-jenis investasi reksadana, semoga bermanfaat. 


Sumber inspirasi : www.helmykediri.com

Post a comment for "Mengenal Jenis Investasi Reksadana Dan Jenis-Jenis Produknya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email