Jenis-Jenis Investasi Paling Populer Di Indonesia

 


Blogrouf.my.id| Kamu tertarik dengan investasi? tapi masih bingung mau investasi di mana ? Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan beberapa investasi di indonesia yang mungkin cocok bagi kamu. Tapi sebelum itu, kamu tau investasi itu apa?


Pengertian Investasi

    Investasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan sejumlah modal kepada perusahaan atau instansi dan para investor akan mendapatkan keuntungan dan perhitungan yang jelas.


Jenis-jenis investasi di Indonesia

1. Reksadana

    Reksadana sangat cocok bagi kamu yang punya modal kecil tapi ingin investasi. Reksadana juga cocok bagi kamu yang mempunyai pengetahuan minim tentang investasi, di reksadana kamu akan mempunyai manajer investasi yang akan memilihkan reksadana yang cocok buat kamu, jadi kamu gak perlu pusing-pusing milih sendiri. 

Manajer investasi akan memilihkan sesuai profil resikomu saat pertana kali mendaftar. cocok banget bagi kamu yang mager dan gak mau mikir lama. tinggal investasikan sejumlah uang perbulan dan tunggu hasilnya.        

Keuntungan Reksadana

Ada beberapa keuntungan lain dari Rekasadana, yaitu:

-Proses investasi di Reksadana sangat sangat mudah. Semuanya bisa dilakukan secara online tanpa perlu bertemu. Bahkan sekarang sudah bisa dilakukan lewat e-commerce, seperti Tokopedia dan Bukalapak. kamu juga bisa daftar di platform bibit lho, prosesnya mudah gak ribet, tinggal download aja di playstore, jangan lupa masukkan kode refferal " fsegbjg " agar kamu dapat bonus pendaftaran 25 ribu.

-Minimum investasi di reksa dana sangat kecil, mulai dari Rp 10 ribu.

Reksadana juga ada jenis-jenisnya lho, baca disini Jenis-jenis Produk Invetasi Reksadana Saham

2. Saham

    Saham ini sangat cocok bagi kamu yang sudah paham investasi, saham adalah investasi dengan return terbaik.

Jika kamu mau bermain saham, sebaiknya pahami dulu ilmu-ilmu saham ya, agar kamu gak salah jalan. Kamu bisa bergabung di komunitas saham indonesia di platform sosial media seperti facebook,instagram atau telegram.

Saham sangat cocok untuk investasi jangka panjang karena kenaikan saham pertahunnya tergolong sangat besar daripada platform investasi lain. 

Apa yang perlu kamu siapkan untuk investasi saham ?

Pelajari dengan baik – baik bagaimana melakukan investasi saham. Jangan mudah terpancing, ikut – ikutan kata orang, tetapi lakukan berdasarkan pengetahuan dan keyakinan kamu

-Pilih saham blue-chip, yaitu saham terbaik di Bursa, misalnya Bank BCA, BRI, Unilever, Telkom dan lain – lain, yang kinerja perusahaanya sudah teruji selama puluhan tahun.

-Lakukan diverisifikasi investasi dengan menempatkan uang di berbagai instrumen agar saat harga saham anjlok (pasti akan terjadi – one day or another) kamu tidak khawatir dan tetap bisa bertahan dalam jangka panjang di investasi saham.

-Niatkan melakukan investasi saham untuk jangka panjang karena hanya dalam jangka panjang kamu bisa mendapatkan return saham paling optimal.

Gimana cara daftar saham?

    -pertama kamu harus mendaftar di broker saham dulu, di tahun 2021 ini udah banyak broker saham yang menyediakan pendaftaran online, jadi ini memudahkan kamu untuk mendaftar tanpa ribet. Platfrom yang sudah aku coba adalah Indo premier sekuritas atau kalau di playstore namanya ipot.

    - setelah kamu sudah daftar di ipot kamu bisa langsung investasi saham disana, tapi kamu harus paham dulu ya tentang saham, kamu bisa cari tutorialnya di youtube banyak banget, tinggal niat kamu aja.


3. P2P (Peer To Peer)

    P2P adalah jenis investasi terbaru di indonesia, singkatnya p2p itu kita menginvestasikan sejumlah uang kita kepada orang yang mempunyai usaha atau umkm di indonesia, nanti ada perhitungan bagi hasilnya disitu. Jadi ini kamu bisa memilih sendiri umkm mana yang ingin kamu berikan pendanaan secara online. 

Apa keuntungan jenis investasi P2P ?

-Investor dapat return lebih tinggi. Rata – rata di Indonesia return P2P yang aku jalani memberikan keuntungan diatas 15% setahun,

-Prosesnya mudah secara online lewat platform P2P. Tidak perlu tatap muka.

-Minimum investasinya kecil. Beberapa platform P2P menerima investasi mulai dari Rp 100 ribu.


Dalam setiap investasi pasti ada resikonya, resiko P2P adalah:

-Jika peminjam menunggak, resiko ditanggung oleh investor dan tidak ditanggung oleh platform P2P. Bahkan OJK melarang keras platform P2P menanggung resiko tersebut

-Likuiditas. Selama investor sudah menempatkan uanganya di suatu pinjaman P2P, selama masa pinjaman belum selesai maka uangnya tidak bisa ditarik. Berbeda sekali dengan menaruh uang di tabungan atau deposito yang bisa ditarik setiap saat.

-P2P adalah industri baru sehingga bagaimana perkembangannya ke depan kita belum benar benar benar tahu.

-Ada resiko bahwa platform P2P bisa bubar atau bangkrut yang jika terjadi investor harus mengelola sendiri penagihan ke peminjam. Meskipun platform P2P bangkrut, kewajiban peminjam kepada investor tidak hilang, namun secara logistik menjadi lebih sulit buat investor untuk mengelola borrower yang selama ini ditangani oleh platform.


4. EMAS

    Emas adalah jenis investasi yang tidak bisa terlupakan di indonesia, sifat emas yang cenderung naik pertahun menjadi bukti bahwa emas adalah investasi paling aman dari semua investasi di indonesia.

dulu investasi emas tergolong sulit untuk dijalani karena kita harus membeli emas di toko emas dan butuh penyimpanan khusus agar aman.

Tapi di era modern seperti ini kita dimudahkan dengan investasi eman secara online.

beruntung banget kamu yang lahir di era modern seperti ini.


Bagaimana cara melakukan investasi emas secara online ?

- Unduh aplikasi tabungan emas, misalnya milik Pegadaian atau Brankas LM (Logam Mulia) Antam.

- Buka tabungan investasi dengan datang ke kantor cabang. Untuk pembukaan pertama wajib datang dan bertatap muka untuk tanda tangan dan menyerahkan dokumen KTP

- Setelah rekening tabungan emas dibuka , bisa mulai melakukan investasi emas

- Pembelian dilakukan dengan memilih jumlah gram emas yang Anda inginkan dalam aplikasi, lalu membayar ke rekening virtual account yang disediakan oleh penyelenggara.

- Setelah pembayaran selesai, jumlah kepemilikan emas terupdate di aplikasi

-Penjualan emas cukup dilakukan dalam aplikasi dengan memilih jumlah yang Anda ingin jual

-Uang penjualan masuk ke rekening tabungan yang sudah Anda daftarkan di awal.


5. Obligasi

    Obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh lembaga tertentu, bisa perusahaan atau pemerintah.

Namanya hutang, maka kalau investasi di obligasi kamu akan menerima bunga dan pengembalian pokok hutang di saat jatuh tempo.

Salah satu jenis obligasi yang terkenal adalah yang diterbitkan pemerintah, yaitu: SBN – Surat Berharga Negara.

Ya pemerintah butuh uang untuk pembangunan. Makanya pinjam.

SBN laris manis karena suku bunga yang ditawarkan > 6%, sangat menarik dan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Pemerintah tidak mungkin tidak membayar hutangnya.


Itulah jenis-jenis investasi di indonesia. 

Nah kamu tertarik di investasi mana nih, kalau ada pertanyaan langsung komentar aja ya. terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Jenis-Jenis Investasi Paling Populer Di Indonesia "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel