Apa Itu Paypal? Pengertian, Manfaat, Dan Cara Menggunakannya

 


Di era digital seperti ini, banyak sekali alternatif pembayaran online salah satunya paypal.

Apa Itu Paypal?

menurut wikipedia paypal adalah adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain untuk memudahkan pembayaran pada transaksi mereka. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Selain melakukan pembayaran online, PayPal juga dapat digunakan untuk menerima uang secara online.

Apabila kamu mempunyai teman yang mempunyai akun PayPal juga, maka kamu bisa menerima uang dari teman kamu lewat PayPal ataupun kartu kredit.

Uniknya lagi, kamu bahkan bisa menjangkau pasar hingga luar negeri.

Ketika kamu melihat barang yang kamu sukai, tetapi penyedia produknya berada di luar negeri, kamu bisa menggunakan PayPal untuk membayar barang tersebut.

Kini, PayPal telah digunakan oleh lebih dari 179 juta pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar dan 100 jenis mata uang di seluruh dunia.


Manfaat Paypal

1. Biaya Keanggotaan Gratis 

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan Paypal adalah biaya keanggotaanya gratis. Anda tidak perlu membayar biaya layanan, perawatan, maupun biaya tahunan. Tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun Anda akan tetap dapat menikmati fitur yang ditawarkan oleh Paypal. 

2. Kartu Kredit Tetap Aman

Anda akan diminta untuk mengisi data yang berisi informasi kartu kredit dari sebuah bank pada sistem Paypal. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu merasa khawatir karena data kartu kredit tersebut akan tetap aman dan terlindungi dari aksi peretasan hacker. 

3. Mudah dalam Transaksi

Paypal juga menawarkan keuntungan yang memudahkan berbagai transaksi bagi Anda sebagai penggunanya. Anda dapat melakukan transfer secara praktis kepada sesama pengguna Paypal maupun ke rekening bank. Waktu yang diperlukan untuk melakukan transfer juga tidak lama, hanya dalam sekejap saja uang yang Anda kirim sudah masuk ke alamat yang dituju. 

4. Penggunaannya Fleksibel 

Beberapa dari Anda tentunya tidak ingin ribet, bukan? Oleh sebab itu, Paypal memberikan keuntungan yang fleksibel dalam penggunaannya. Anda dapat dengan mudah mengisi saldo Paypal dengan beberapa kartu debit, kredit, dan dari berbagai akun bank. 

5. Memudahkan Pembayaran Lelang Online 

Paypal juga dapat memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran lelang online. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata Paypal juga dapat terhubung pada beberapa situs jual beli online. Anda dapat mengikuti lelang dan membeli barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. Gunakanlah Paypal yang Anda miliki untuk membayar lelang tersebut   

6. Diskon yang Ditawarkan 

Keuntungan lain yang tidak kalah seru dan sering dinanti-nanti oleh pengguna Paypal yaitu diskon yang menarik. Untuk mendapatkan diskon dari Paypal, Anda harus berbelanja di retail yang bekerjasama dengan Paypal atau yang telah ditentukan sebelumnya. Beberapa perusahaan yang biasanya memberikan penawaran khusus yaitu Nike, Barnes & Noble serta beberapa retailer lainnya.


Cara Menggunakan Paypal


Banyak orang yang ingin menggunakan PayPal namun masih belum tahu caranya bagaimana. Oleh karena itu, berikut Glints akan menjelaskan bagaimana menggunakan PayPal.
Menurut Digital Unite, sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya, kamu perlu membutuhkan dua hal berikut:
Komputer ataupun handphone dengan koneksi internet
Rekening bank/ kartu kredit/ debit

1. Pergi ke website PayPal

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke website PayPal, lalu setelah itu klik Sign Up untuk melakukan pendaftaran

2. Pilih akun pribadi

Setelah klik Sign Up, kamu akan dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu akun bisnis atau akun pribadi. Pilih akun pribadi untuk menggunakannya untuk diri kamu sendiri.
Setelah itu klik lanjutkan.



3. Isi data diri

Kamu akan diminta untuk mengisi data diri yang meliputi nama, alamat email, dan password. Setelah semuanya terisi kamu tinggal klik ‘Next’.

4. Isi alamat lengkap

Isi alamat dengan selengkap mungkin, karena ini akan menjadi tempat di mana kamu akan menerima barang dari barang yang kamu beli secara online.
Setelah diisi lengkap, klik di kotak kedua untuk mengkonfirmasi bahwa kamu telah memahami dan membaca perjanjian user.


5. Pilih belanja online

Dalam tahap ini kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu belanja online atau mengirimkan uang kepada orang.
Karena di contoh ini fokus kepada belanja online, maka pilih belanja online setelah itu klik ‘Get Started‘.

6. Tambahkan kartu kredit atau debit

Setelah mulai, kamu tinggal menambahkan kartu kredit atau debit sebagai transaksi online menggunakan PayPal nanti.

7. Mulai Belanja

Ketika kamu hendak belanja ataupun melakukan donasi online dengan menggunakan PayPal, kamu hanya perlu klik logo PayPal dan log in menggunakan alamat email dan kata sandi untuk melakukan pembayaran.
PayPal akan secara otomatis memberikan jaminan kepada barang yang kamu beli apabila suatu waktu terjadi kerusakan atau barangnya tidak sesuai dengan yang kamu pesan.
Selain membeli barang, kamu juga bisa menjual barang secara online menggunakan PayPal. Caranya pun sama, kamu tinggal log in menggunakan alamat email dan kata sandi.
Nantinya, setelah pembayaran melalui PayPal masuk ke akun kamu, PayPal akan mengirimkan kamu tanda bukti transfer. Namun seperti yang telah dijelaskan, kamu akan dikenakan biaya administrasi transaksi PayPal.
Pada intinya PayPal adalah layanan transaksi online yang memudahkan kamu untuk mendapatkan sesuatu lewat situs belanja online.


Semoga bermanfaat

0 Response to "Apa Itu Paypal? Pengertian, Manfaat, Dan Cara Menggunakannya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel