Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ketika Semangat Mulai Menurun, Apa Yang Harus dilakukan?

 Ketika Semangat Mulai Menurun, Apa Yang Harus dilakukan?

Btw ini adalah saya

    Yah, berbeda dengan artikel saya sebelum-sebelumnya. Jika sebelumnya saya sering membuat artikel teknologi, kali ini sedikit berbeda. Sedikit ingin bercerita lah sebenarnya. Walaupun belum tentu ada yang baca juga. ya gapapalah ya. wong blog saya sendiri hahah.

    Sekarang kita mulai dari yang paling awal dulu.


Apa Yang Membuatmu Bersemangat ?

    Saya menyimpulkan beberapa jawaban dibawah, mungkin ada jawaban kamu disitu.

1. Cita-cita atau tujuan hidup (eh sama gak sih cita-cita dan tujuan hidup?)

    Kita semua pasti memiliki cita-cita, misal ketika SD banyak yang ingin menjadi dokter, meranjak SMP banyak dari kita yang sadar kalau menjadi dokter itu harus pintar, banyak uang dll. Sehingga cita-cita kita berubah menjadi lebih sederhana, menjadi orang sukses misalnya. dan saat kita SMA/SMK, cita-cita kita berubah lagi, wes pokok e etok kerjo (pokoknya dapat kerja). Namun ada juga yang tetap mempertahankan cita-citanya sampai menjadi apa yang diinginkan.


    Semakin kita dewasa semakin kita sadar kalau apa yang kita inginkan harus didasari dengan kemauan yang kuat dalam diri. gak hanya bicara tanpa action apa-apa. dan ketika kita punya tujuan dalam hidup itu akan menjadi obor semangat dalam diri untuk terus memperbaiki diri menjadi yang terbaik.

2. Mereka yang menganggap kita berharga

    Pernahkah kamu punya perasaan seperti ini? merasa hidup kita itu sangat berharga bagi orang lain,  pernahkah kamu?

Tanpa kita sadari banyak yang menganggap kita begitu berharga. Contoh sederhana adalah keluarga, sahabat, atau kekasih.

Hal itu membuat kita merasa bahwa kita itu tidak sia-sia ada di dunia ini. Karena sejatinya manusia akan merasa lebih menghargai sosok dirinya sendiri. 

Maka, tetaplah semangat menjalani hidup ini. Supaya mereka yang mengganggap kita berharga bagi kehidupannya itu, mereka menjadi tak merasa kehilangan sosok kita yang berharga di hati mereka.

3. Rasa ingin membahagiakan orang lain

    Hal ini sering kali yang membuat kita bersemangat dalam hidup, siapa yang tidak ingin membahagiakan orang yang kita sayangi? semua orang pasti punya keinginan seperti itu.

Entah itu ibu kita, keluarga kita atau teman kita. Kita berusaha membuat ia tersenyum karena usaha-usaha yang kita lakukan. Semangat itu pun muncul dengan sendirinya.

Hanya itu jawaban yang bisa saya simpulkan dari pertanyaan diatas. Sekarang kita ke pertanyaan berikutnya


Apa yang harus dilakukan saat semangat mulai menurun?


Untuk menjawab pertanyaan ini saya sudah menyiapkan beberapa jawaban yang saya dapatkan dari beberapa teman terdekat saya. Ada yang memberi jawaban dengan bercanda ada juga yang serius. Lihat aja ya dibawah


Oke

Tipe teman yang baik

Tipe teman positif

Tipe teman pemalas☺

Tipe mahasiswi banyak pikiran

Tipe teman santuy

Tipe teman cuek


Itu adalah beberapa jawaban teman saya dari pertanyaan tersebut. dan mungkin akan bertambah.

 Jujur beberapa hari ini saya malas sekali untuk ngeblog, ada beberapa masalah yang menimpa saya bulan ini, salah satunya adalah saya mau nagih hutang 2 juta, eh yang ditagih malah gak tanggung jawab. ah sudahlah

 Tapiiii, sebenarnya apa sih yang harus kita lakukan ketika semangat sedang menurun? saya coba googling untuk mendapatkan jawaban ini. dan ini jawabannya menurut www.tipspengembangandiri.com


1. Lawan Ketakutan Anda

Semangat hidup yang turun jika berlanjut ke tingkat yang lebih parah dapat menyebabkan depresi yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, jujurlah pada diri sendiri jika Anda memang memiliki permasalahan mental.

Jangan pernah lari dari kenyataan. Seperti halnya sakit secara jasmani, sakit secara mental juga normal. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah menghadapinya dan mencari obatnya. Sebisa mungkin lawan ketakutan, kegelisahan atau hal-hal yang menurunkan semangat hidup yang Anda alami.

Sebagai contoh, jika Anda takut gagal lagi dalam wawancara kerja, lawan ketakutan tersebut dengan mempersiapkan diri yang lebih baik. Teruslah juga kirim surat lamaran kerja ke sejumlah perusahaan yang relevan dengan keahlian dan latar belakang pendidikan Anda.


2. Bicarakan Masalah Anda

Salah satu cara awal untuk mengobati depresi ataupun untuk lebih bersemangat dalam hidup adalah membicarakan permasalah ini dengan orang lain. Anda bisa membicarakan dengan keluarga, sahabat, pasangan atau orang yang memang ahli secara psikologi.

Membicarakan permasalahan yang dialami dapat meringankan beban Anda. Hindari untuk berpikir sendiri ketika Anda mengalami masalah, terlebih jika ini berhubungan dengan kesehatan mental Anda. 

Curhat atau sharing dapat membantu Anda menemukan solusi dari sudut pandang orang lain. Kombinasikan opini mereka dengan pemikiran Anda sendiri agar mendapat jalan keluar yang paling baik untuk Anda.


3. Ingat Kembali Tujuan Hidup

Seperti lirik yang pernah dilantukan oleh salah satu band Indonesia bahwa “mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia” itu memang benar adanya. Salah satu cara untuk mengembalikan semangat hidup adalah dengan bermimpi atau memiliki tujuan hidup yang jelas.

Dengan tujuan hidup yang jelas, Anda dapat merencanakan langkah apa saja yang hendak Anda ambil setiap harinya agar semakin dekat dengan tujuan tersebut.

Jadi, ingat kembali tujuan (goal) hidup Anda. Baik itu tujuan hidup jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya, tujuan hidup yang berkaitan dengan spiritual, karier, keluarga, finansial, atau kesehatan.


4. Berpikir Positif

Tanamkan pikiran yang positif dalam diri Anda agar Anda semakin percaya diri untuk mengambil keputusan. Setiap hal memang memiliki resiko yang baik dan buruk. Dengan berpikir positif, bukan tidak mungkin hal yang buruk akan menjadi baik ketika Anda melihatnya dari sudut yang berbeda dan keyakinan yang lebih positif.

Turunnya semangat hidup kadang kala dipengaruhi oleh ketakutan dan pikiran negatif untuk melangkah maju. Pikiran positif akan membuat Anda semakin yakin dan menghilangkan dominasi perasaan ragu.

5. Temukan Motivasi

Ilustrasi mengembalikan semangat hidup

Agar hidup lebih menjadi semakin bersemangat, Anda memerlukan suntikan motivasi. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan motivasi dari luar diri. Misalnya saja dengan mengikuti seminar motivasi yang diadakan oleh seorang motivator terkenal.

Motivator memiliki pengalaman yang setidaknya sama dengan yang Anda alami. Oleh sebab itu mereka juga akan lebih mengetahui di titik mana semangat Anda perlu dibangkitkan. Tak hanya motivator seminar, motivator juga dapat ditemukan secara gratis di channel YouTube atau yang biasa dikenal dengan influencer.

Beberapa kata motivasi dan film juga dapat menjadi inspirasi untuk membuat semangat hidup semakin meningkat. Tak hanya itu, mengelilingi diri dengan lingkungan pergaulan yang positif juga dapat menjadi solusi untuk membuat hidup makin bersemangat.


6. Bersyukur Secara Rutin

Bersyukur adalah hal termudah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan semangat hidup yang telah hilang. Tidak perlu menunggu hal besar terjadi untuk bersyukur. Anda dapat memulainya dengan hal-hal yang kecil yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Bernapas dengan normal ataupun dengan lancar membuang hajat ke belakang pun bisa dijadikan topik yang patut disyukuri. Tidak pernah terbayang bukan jika Anda harus bernapas atau BAB dengan bantuan alat karena Anda tidak dapat melakukannya secara normal?

Selain bersyukur secara rutin, imbangi juga dengan beribadah secara rajin. Paling tidak ibadah akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Dengan begitu Anda akan menjadi lebih mudah menentukan langkah hidup selanjutnya.


7. Catat Prestasi Anda

Selain bersyukur, untuk meningkatkan semangat Anda dapat mengingat kembali keberhasilan apa saja yang telah Anda capai hingga detik ini. Tak hanya mengingat, Anda dapat mengambil secarik kertas atau buku dan alat tulis untuk mencatatnya.

Beberapa pencapaian, baik kecil maupun besar, dapat Anda tulis. Misalnya:


berhasil menjadi juara kelas

mendapat nilai terbaik waktu kuliah

membantu orang yang membutuhkan

membelikan barang impian orang tua

Atau apa saja yang membuat Anda tersenyum dan puas ketika mengingatnya.

Penilaian positif dari orang lain yang mengenal Anda pun dapat dimasukkan ke dalam daftar small wins ini. List dapat menjadi daftar motivasi yang mencerahkan hari-hari Anda karena Anda banyak melakukan hal positif sebelumnya.


8. Traveling

Pergi berlibur atau traveling dan keluar dari tempat Anda selama ini juga merupakan cara yang ampuh untuk menambah semangat. Keluar dari rutinitas, menemukan suasana baru dan orang baru dengan ceritanya masing-masing dapat menyegarkan kembali pikiran Anda.

Seperti halnya novel Eat, Pray and Love, mungkin selama di perjalanan tersebut Anda akan mendapatkan pembelajaran dari cerita orang lain atau pengalaman hidup yang Anda alami selama traveling.

Ketika berlibur, jauhkan diri Anda dari sosial media. Tak hanya berpindah jasmani di lain tempat, berlibur juga memindah pikiran Anda dari hiruk pikuk sosial media untuk sementara waktu. Temukan diri Anda yang baru selama dalam perjalanan!


9. Pelihara Hewan

Cara lain untuk mengembalikan semangat hidup adalah dengan mengadopsi atau merawat binatang peliharaan. Banyak studi yang menyatakan bahwa memelihara binatang dapat membantu untuk mengurangi resiko kematian dan hal yang menyenangkan untuk orang penyendiri.

Tak hanya itu, pemilik hewan peliharaan dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi di dalam kehidupan bermasyarakat dan dapat menurunkan depresi yang dialami oleh seseorang.

Niscaya, melihat kelakuan lucu hewan peliharaan Anda –misalnya anjing ataupun kucing– akan membuat hati menjadi semakin terhibur. Namun jangan lupa untuk bertanggungjawab perihal makanan, perawatan kesehatan dan kebutuhan lain dari binatang kesayangan ini ya!


10. Jaga Kesehatan

Banyak list yang perlu dicentang pada poin menjaga kesehatan untuk membuat hidup menjadi lebih bersemangat. Di antaranya adalah berolahraga, makan makanan yang sehat, berjemur secara rutin, merawat diri hingga istirahat yang cukup.

Olahraga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan hormon endorphin yang dapat menambah perasaan senang dan nyaman. Dipadu dengan rutin berjemur di pagi hari yang bermanfaat untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh, olahraga dan berjemur dapat mengurangi depresi atau hilangnya semangat hidup.


Semoga artikel saya ada manfaatnya meskipun sedikit yang baca. Terima kasih telah berkunjung. dan sebelum pergi jangan lupa klik iklannya ☺

Post a comment for "Ketika Semangat Mulai Menurun, Apa Yang Harus dilakukan?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email