Bagaimana Virus Bisa Menyebar Pada Komputer Atau Laptop? Begini Penjelasannya

 Bagaimana Virus Bisa Menyebar Pada Komputer Atau Laptop? Begini Penjelasannya



Bagaimana virus bisa menyebar pada komputer kita?  ketika kita sedang menggunakan komputer atau laptop, kita seringkali tidak sengaja kalau ada suatu virus yang meyusupi komputer kita. 

Virus adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer dapat merusak atau menghapus data di sebuah komputer, menggunakan program email untuk menyebarkan virus ke komputer lain, atau bahkan menghapus apa pun yang ada di dalam hard disk.


Virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer. Pada tahun 1949, salah seorang pencipta komputer, John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalahnya dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya.


Dikategori cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:


Worm – Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu. Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer yang memungkinkan komputer terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.

Trojan – Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri. Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.

Backdoor – Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.

Spyware – Virus yang memantau komputer yang terinfeksi. Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.

Rogue – merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu.

Cara kerja virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.


Cara virus menyebar pada komputer :


1.Melalui flashdisk , hardisk external , meida storage R/W . Biasanya media penyimpanan

eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebarannya. Media yang biasa melakukan operasi R/W (Read dan Write) sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebaran.

2.Jaringan (LAN, WAN) . Biasanya Hubungan antara beberapa komputer secara langsung sangat memungkinkan suatu virus untuk ikut berpindah saat menjadi pertukaran/pengeksekusian file yang mengandung virus.

3.WWW (internet). Sangat mungkin suatu situs sengaja ditanamkan suatu “virus” yang akan menginfeksi komputer-komputer yang mengaksesnya.

4.Software Yang Freeware, Shareware Atau Bahkan Bajakan . Banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan dalam suatu program yang disebarluaskan baik secara gratis, atau trial version.

5.Attachment Pada Email, Transfering File . Hampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi, file-file ini sengaja dibuat mencolok/menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya.


Kesimpulan

    Kita harus tetap berhati-hati jika menggunakan komputer atau laptop saat berseluncur di internet. tetap waspada jangan mendownload file-file yang tidak diketahui asal-usulnya. terima kasih, semoga bermanfaat

0 Response to "Bagaimana Virus Bisa Menyebar Pada Komputer Atau Laptop? Begini Penjelasannya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel