Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Sebab Baterai Laptop Mulai Rusak Atau Bocor Dan Cara Mengatasinya

 8 Sebab Baterai Laptop Mulai Rusak Atau Bocor Dan Cara Mengatasinya



Pernahkah ketika kamu sedang mengisi baterai laptop tapi gak nambah-nambah? 

Enak enak ngerjain tugas di laptop eh baterai habis, mau ngecharge laptop tapi kok baterai laptop dicharge 0% terus sih, kira-kira kenapa ya? lalu, bagaimana cara mengetahui baterai laptop rusak atau tidak? terus saat baterai laptop rusak, bisa mengakibatkan apa sih? 

Di masa pandemi ini penggunaan laptop jauh lebih sering sehingga menyebabkan beberapa masalah pada laptop, salah satunya adalah masalah baterai rusak atau bocor. 

Normalnya, baterai laptop bisa bertahan hingga 5 jam tergantung aktivitas penggunanya. Untuk laptop baru, biasanya umur baterai bisa 3-5 tahun. 


Ciri-ciri baterai laptop yang mulai rusak atau bocor


1. Perubahan Fisik Pada Baterai

    Saya pernah menemui baterai laptop saudara saya yang mengalami pembengkakan atau melembung . Jangan salah ya, tidak hanya baterai handphone yang  bisa mengalami pembengkakan, baterai laptop juga bisa. Ini bisa terjadi karena laptop dipakai sambil di charge dan lupa dicabut sampai pagi. Setelah diperiksa, baterai sudah membengkak

Baterai laptop yang sudah membengkak sudah tidak bisa digunakan lagi, sebaiknya diganti yang baru dengan cepat agar tidak merusak komponen hardware laptop lainnya.


2. Cepat Boros Atau Kemampuan Menyimpan Daya Berkurang

    Masalah ini seringkali terjadi ketika laptop sudah berusia cukup lama, sehingga membuat kekampuan baterai berkurang. Gejala awalnya adalah, ketika dicharge cepat sekali 100%  walaupun kondisi kosong pun hanya butuh beberapa menit jadi 100%. 

Namun saat digunalkan tanpa dicharge, baterai laptop cepat sekali habis, beberapa detik langsung anjlok jadi 90%, begitu seterusnya. Dari kondisi 100% menjadi 0% .

Solusinya adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru, pastikan membeli baterai yang kualitasnya original agar bisa bertahan lama.


3. Pengisian Baterai Yang Tidak Sempurna

    Pengisian yang tidak sempurna ini maksudnya adalah baterai saat dicharge tidak pernah mencapai 100%. Biasanya persentase baterai hanya bertahan dibawah 100% atau malah 15% gak nambah-nambah.

Untuk masalah ini hanya ada 2 kemungkinan, yang pertama masalah pada chargernya atau kedua adalah masalah pada baterai.

Sebelum memutuskan membeli baterai baru, coba dulu ganti atau pinjam charger lain yang merknya sama lalu coba bandingkan apakah ada perubahan atau tidak. kalau baterai bisa mencapai 100% bisa dipastikan chargernya yang bermasalah.


4. Baterai Tidak Mau Mengisi Dan Menyimpan Daya

    Enak enak ngerjain tugas di laptop eh baterai habis, mau ngecharge laptop tapi kok baterai laptop dicharge 0% terus sih, lalu saat charger dicabut malah langsunng mati laptopnya. 

Ini bisa terjadi karena baterai sudah rusak atau bocor, solusi untuk masalah ini hanya ganti baterai dengan yang original. Cepat ganti sebelum merusak komponen lainnya.


5. Muncul Peringatan Indikator (X) 

    



    Tanda-tanda baterai laptop mulai rusak adalah muculnya icon X pada logo baterai. Jika di klik muncul peringatan "Replacing your battery" atau "Battery not detected". Jika baterai dalam kondisi dicharger, jika di klik muncul peringatan "Not charging".

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika muncul indikator X ini.

Pertama masalah terjadi pada motherboard atau mainboard laptop, sehingga menyebabkan laptop tidak bisa mendeteksi baterai. Sehingga walaupun diganti baterai pun tetap muncul indikator X tersebut.

Kedua masalah terjadi pada baterai. dan harus diganti.



Post a comment for "5 Sebab Baterai Laptop Mulai Rusak Atau Bocor Dan Cara Mengatasinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email