Sering Buka Facebook? Inilah Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Facebook

Sering Buka Facebook? Inilah Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Facebook 

 

Gambar oleh Mediamodifier dari Pixabay

Facebook adalah platfrom sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia bahkan di dunia. Media sosial ciptaan paman Mark Zuckerbeg ini sangat digemari dari mulai pelajar sampai orang tua.

Meskipun facebook tergolong media sosia yang sudah lama, tapi pesonanya masih memikat siapaun untuk tetap menggunakannya. Bahlkan facebook terus mengenmbangkan platfromnya agar bisa terus bisa bersaing dengan media sosial yang lain.

Banyak sekali manfaat yang didapat terutama bagi pelajar atau siapapun yang menggunakan facebook. Tapi tidak dipungkiri banyak juga dampak negatif yang didapat ketika menggunakan facebook. 

Kami sudah merangkum beberapa dampak positif dan negatif facebook sebagai media sosial paling popouler ini, bebrapa diantaranya merupakan pendapat para ahli dibidangnya.  Simak berikut ini.


Dampak Positif Facebook Bagi Pelajar atau Orang tua

1. Mempertemukan Teman Atau Keluarga Jauh 

    Memang tujuan awal facebook adalah mempertemukan semua orang dan bisa berinteraksi dengan mudah hanya  dengan membuka facebook saja. 

Hal pertama kali yang saya lakukan saar punya akun facebook adalah mencari akun teman yang sudah lama tidak bertemu. Saya yakin pasti kalian juga begitu, ya kan?

Facebook menjadikan kita dekat dengan teman dan kelurga jauh, bahkan bisa saling tukeran nomor hape.


2. Berbagi Informasi Terkini

    Paman Mark menjadikan facebook sebagai sarana berbagi informasi yang mudah diakses siapa saja, bagi pelajar atau orang tua.

Facebook mempunyai fitur Grup da Halaman yang bisa menyajikan informasi sesuai hal yang kamu sukai, Jika kamu suka sepak bola, bergabunglah dengan grup sepak bola dan halaman sepakbola favoritmu.  disana informasi akan di update setiap hari. 


3. Sebagai Ajang Promosi Dagangan

    Tersedianya fitur Marketplace yang ada di facebook sangat memudahkan kita yang ingin memasarkan produk secara online. Tinggal isi barang apa yang ingin kamu jual, tentukan harga dan barangmu sudah tampil di halaman marketplace facebook.

Untuk menjaring lebih banyak pembeli, kamu bisa share di grup jual beli didaerahmu.
Jika kamu punya uang lebih, kamu bisa memasarkan produkmu lewat iklan yang disediakan facebook, tentunya dengan membayar uang sekian ribu. banyak orang yang berhasil memasarkan produknya dan laku keras saat mengiklankan di facebook. 
Panduan cara beriklan di facebook akan saya share di artikel yang akan datang


4. Ajang Penghibur diri dan Kreatifitas

    `Dengan adanya fitur Update Status kita bisa mengekspresikan diri dan juga sebagai sarana menghibur diri saat sedang lelah dikehidupan real life.

 Namun kita harus bisa tetap mengontrol diri ya, jangan sampai berlebihan menggunakan  media sosial Facebook. Bagaimanapun juga facebook mempunyai dampak negatif yang bisa kita rasakan jika kita tidak bisa menggunakannya dengan baik.




Dampak Negatif Menggunakan Facebook Bagi Pelajar atau Orang Tua


1. Facebook Banyak Fitnah dan Menebar Hoax

    Facebook digunakan oknum-oknum nakal sebagai media penebar berita hoax dan fitnah.Banyak sekali orang yang sudah tertangkap oleh polisi gara-gara postingannya yang membuat kontroversi. ada yang dibebaskan dan ada yang dipenjara. 

Berhati-hatilah dalam menggunakan facebook yaaa.


2.  Facebook Mempengaruhi Psikologis

    Keseringan membuka facebook justru tidak baik untuk kita, kita bisa kecanduan dan menyerap informasi yang tidak penting.
Facebook membuat kita malas ngapa-ngapain. Ingin seharian bermain facebook tanpa tahu batas waktu, ini berbahaya bagi tubuh kita. 
Kita bisa di cap sebagai remaja anti sosial yang tidak mau bergaul didunia nyata. 


3. Banyak Pelecehan dan Penculikan 

    Banyak kasus pelecehan da penculikan yang terjadi di media sosial facebook, modusnya minta ketemu, lalu diajak jalan, dan tak pernah kembali ke rumah.

Modus seperti itu banyak terjadi belakangan ini terutama di facebook. Bagi remaja kita seharusnya lebih hati-hati dalam menggunakan media sosial facebook dengan baik. jangan sampai terjadi kasus itu lagi.


4.  Menyebarnya data pribadi kita

    Saat kita mendaftar facebook , pasti kita dimintai data kan?

Siapa nama kita, tanggal lahir, nomor hape, dll. Data yang kita berikan secara gratis ini bisa dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Tiba-tiba banyak pesan masuk lewat sms berisi penipuan, di telpon orang tidak dikenal. dll.



Kesimpulan


Kita sebagai pengguna media sosial, harus bisa menggunakan media sosial facebook dengan bijak.

Facebook bisa digunakan mencari informasi juga bisa digunakan menyebarkan informasi hoax atau palsu. Jangan percaya begitu saja informasi apa saja yang kita dapat di facebook. 

0 Response to "Sering Buka Facebook? Inilah Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Facebook "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel