Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Filosofi Permainan Tradisional Petak Umpet

Filosofi Permainan Tradisional Petak Umpet


Filosofi Permainan Tradisonal Petak Umpet
Pada artikel sebelumnya kita membahas tentang Permainan Tradisional Yang Hampir Punah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas filosofi permainan tradisional petak umpet, tentu saja kita akan membahas filosofi permainan tradisonal yang lain, tapi kali ini kita akan membahas tentang filosofi dari permainan tradisional petak umpet terlebih dahulu.

Permainan petak umpet dimainkan minimal 2 orang, maksimal tidak terhingga. satu pemain menjadi penjaga dan lainnya bersembunyi, penjaga menghitung satu sampai sepuluh, lalu mencari teman-temannya yang bersembunyi sambil menjaga agar tidak kecolongan.


FILOSOFI PERMAINAN PETAK UMPET

Tahukah kamu permainan tradisional ini memiliki sarat makna yang mendalam bagi anakp-anak, tentu juga bagi kita. anak-anak bisa belajar banyak melalui permainan tradisional ini, bisa belajar berhitung, belajar kejujuran, belajar disiplin, hingga belajar keberanian.

dengan bermain petak umpet seperti ini lebih mudah bagi anak untuk belajar berhitung satu sampai sepuluh meskipun ia mungkin belum bersekolah. permainan ini juga mengajarkan kebersamaan, berbeda dengan permainan tradisional yang cenderung individual. anak-anak akan belajar kebersamaan, belajar toleransi, belajar membangun tim. tanpa kebersamaan permainan ini tidak dapat berjalan.

Anaka juga berlatih jujur, ketika berhitung satu sampai sepuluh sambil memejamkan mata, bisa saja ia menghitung sambil melirik kemana temannya akan bersembunyi. mungkin temannya tidak tahu, tapi permainan jadi hambar, tidak asik. 


Oh ya, untuk lebih jelasnya kamu bisa menonton video berikut ini.


Dampak Permainan Tradisional Petak Umpet

Karena permainan ini dilakukan diluar rumah dan bersama-sama dengan teman yang lainnya, pasti membuat petak umpet memiliki dampak yang baik bagi perkembangan anak. Apa saja sih dampaknya?

1. Menumbuhkan perasaan senang


Bermain pastinya akan membuat anak enjoy. Ditambah lagi bermain dengan teman-temannya akan membuat anak semakin riang karena bisa bersama dengan orang yang seumuran yang pastinya akan membuat permainan menjadi lebih seru karena masih sebaya jadi satu pemikiran.

2. Bersosialisasi


Dengan dilakukan bersama teman-teman yang lain, pasti membuat anak melatih anak untuk bersosialisasi dengan baik. Bagaimana ia berkomunikasi dengan temannya dan memberikan pendapat mengenai dimana sebaiknya bermain dan ngobrol serta bertukar pendapat dengan temannya. Secara tidak langsung, anak akan belajar untuk berkomunikasi dan bertukar ide.

3. Aktif


Bersembunyi dan berusaha untuk menggapai benteng lebih dulu akan membuat anak berpikir bagaimana caranya dan mengatur strategi. Anak akan berpikir lebih. Selain itu, permainan yang dilakukan diluar rumah membuat anak terus bergerak seperti mislanya berlari. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih aktif baik dari fisik maupun daya pikir.

4. Kreatif


Karena permainan ini memerlukan daya pikir yang bagus, anak pasti akan lebih kreatif. Dalam hal ini, anak akan mencari persembunyian yang tidak biasa dan membuat dirinya aman. Selain itu bagi si penjaga, ia akan mencari kemungkinan teman-temannya bersembunyi dengan mencari tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi.

5. Belajar Diskusi


Anak-anak akan melakukan perundingan mengenai aturan yang akan diberlakukan dalam permainan petak umpet. Nah, dalam berunding ini biasanya anak-anak menyampaikan ide baru dan keinginannya agar permainan tetap seperti apa yang mereka inginkan dan terasa menyenangkan.

6. Melatih sportivitas


Dalam permainan, menang kalah adalah hal yang biasa. Termasuk dalam permainan petak umpet ini, seseorang yang kalah dan jaga harus menerima dan menjalani perannya dalam permainan dengan baik. Begitu pula untuk mentaati aturan permainan yang sudah disepakati

7. Belajar menghapal hitungan


Permainan ini sangat baik untuk anak yang sedang mengenal hitungan. Karena mereka akan belajar untuk menghapalnya saat anak kebagian jaga. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi motivasi anak agar lancar dalam hitung-hitungan agar tidak malu saat bermain petak umpet bersama teman-temannya.



Nah itulah tadi pembahasan mengenai Filosofi Permainan Petak Umpet. Semoga Bermanfaat.



tag : permainan tradisional,permainan,tradisional,permainan tradisional anak indonesia,permainan anak,permainan tradisional tv,permainan tradisional anak,permainan tradisional jawa,permainan tradisional 90 an,lomba permainan tradisional,permainan tradisional punah,permainan engklek tradisional,engklek permainan tradisional,permainan tradisional engklek,tutorial permainan tradisional,permainan tradisional bentengan,permainan tradisional,petak umpet,main petak umpet,permainan petak umpet,permainan anak,permainan tradisional indonesia,bermain petak umpet,permainan,permainan tradisional lucu,permainan tradisional di indonesia,permainan anak kecil,permainan rakyat,permainan seru,modifikasi permainan tradisional,permainan kampung,cara bermain petak umpet,misteri petak umpet,anak main petak umpet,main petak umpet di minecraft,petak umpet,main petak umpet,bermain petak umpet,petak umpet short movie,komedi petak umpet,kiflyf petak umpet,petak umpet minako,misteri petak umpet,petak umpet the movie,minecraft petak umpet,petak umpet indonesia,serunya main petak umpet,main petak umpet di seluruh kota !,petak umpet minako - official trailer,ngumpet,hide and seek,setan,hantu,permainan anak,penampakan,petakumpet,short movie,video lucu

Post a comment for "Filosofi Permainan Tradisional Petak Umpet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email