Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah 6 Permainan Tradisional Yang Hampir Punah Ditelan Jaman

Inilah 6 Permainan Tradisional Yang Hampir Punah Ditelan Jaman



Saya ketika kecil dulu setiap hari selalu bermain dengan teman-teman saya di desa, tidak jarang ketika adzan maghrib saya baru pulang dari rumah. ya, tentu saja saya dimarahi, tapi itu sebuah kenangan yang tidak terlupakan sampai saat ini.

Namun mirisnya, anak-anak kecil jaman sekarang sudah mulai meninggalkan permainan tradisional, bahkan banyak dari mereka tidak tahu nama nama dari permainan tradisional tersebut. untuk mengenang masa kecil, saya membuat artikel ini. Inilah 6 permainan tradisional yang hampir punah ditelan jaman.

1. Permainan Petak Umpet


\

Saya punya cerita buruk mengenai permainan petak umpet ini. saat itu saya bertugas sebagai penjaga pos dan menghitung sampai 10 kali. ketika saya membuka mata dan mencari teman-teman saya yang bersembunyi, saya tidak menemukan mereka. sampai sore saya mencarinya. ternyata, mereka pulang ke rumah masing-masing. 
permainan petak umpet ini merupakan permainan sejuta umat. yah, kalian semua pasti pernah melakukan permainan ini. atau kamu yang malah pulang kerumah dan meninggalkan temanmu? haha

2. Permainan Dakon


Jujur saya tidak pernah melakukan permainan ini, di desa saya biasanya yang bermain permainan dakon ini kebanyakan para cewek-cewek. benarkan? 
cara memainkanya adalah ada tempat lonjong yang ada 12 lubang. lubang tersebut disi oleh kerikil atau biji bijian.permainan ini bisa di mainkan minimal ada 2 orang. seseorang harus mengambil kerikil yang ada di lubang dan membagikanya satu satu ke setiap lubang kecuali lubang "simpanan".jika kerikil terakhir jatuh pada lubang yang ada isinya maka pemain harus mengambil semua kerikil pada lubang tersebut dan membagikanya lagi sampai kerikil terakhir jatuh pada lubang yang kosong.jika sudah jatuh pada lubang yang kosong maka lubang yang berada di sisi sebrangnya akan menjadi milik si pemain yang mendapat giliran itu. 

3. Permainan Lompat Tali



Ini juga termasuk dalam permainan tradisional para cewek-cewek. meskipun saya juga pernah memanikannya, untuk memainkan permainan lompat tali kita harus mempunyai reflek yang cepat agar terhindar dari tali yang diayunkan teman kita. permainan ini menggunakan ketangkasan kita dalam bermain. terkadang, ada yang terjatuh. wah, kasihan ya

4. Permainan Layang-layang


Permainan ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka yang jauh dari tiang listrik. sangat berbahaya jika kita bermain layang-layang didekat tiang listrik. layangan kita bisa tersangkut kabel, kita juga bisa terkena listrik lho. hati-hati ya teman-teman, jangan bermain layang-layang di tempat yang banyak tiang listriknya. nanti dimarahi orang tua. 

5. Permainan Gasing



Anjay, Ini merupakan permainan yang banyak disukai para cowok di desa saya. ketika musim permainan gasing, banyak dari teman saya yang beradu gasing. saya hanya jadi penonton saja, karena saya tidak bisa bermain gasing, hehe. 


Nah teman-teman. itu merupakan beberapa permainan tradisional yang jarang sekali kita jumpai pada jaman sekarang ini. Jujur saya rindu dengan permainan tradisional. memang masih banyak sekali permainan tradisional yang masih belum saya bahas. semoga dilain waktu saya bisa membahasnya.
Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

Post a Comment for "Inilah 6 Permainan Tradisional Yang Hampir Punah Ditelan Jaman"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email