Inilah 6 Software Database Sederhana Paling Cocok Untuk Kamu

Inilah 6 Software Database Sederhana Paling Cocok Untuk Kamu


Beberapa bulan lalu kita sudah membahas bagaimana cara membuat database sederhana dan contohnya, Nah sekarang kita akan membahas software database sederhana yang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. 

Software database merupakan salah satu jenis software yang wajib dimiliki oleh seseorang yang pekerjaannya membuat database sehari-hari. Dengan membuat database tentu akan sangat terbantu jika menggunakan software database dibawah ini..


1. Oracle

Jika kamu ingin belajar tentang database tanpa pusing memikirkan istilah yang tidak penting, oracle merupakan software database yang cocok untuk kamu.
Software database ini bisa menyimpan data hingga satu tera byte lho, software ini juga menjadi software paling banyak digunakan karena memang mudah digunakan serta gratis tidak berbayar.

Bahasa yang digunakan Oracle menggunakan bahasa standart SQL yang menyebabkan oracle menjadi salah satu basis data yang relasional dan terdiri dari berbagai data yang terkumpul menjadi satu dalam sistem manajemen yang berbasis RDMS. Software databse ini bisa digunakan di berbagai komputer yang ada dipasaran.

Kelebihan Oracle

  • Jika komputer kamu mati mendadak, data yang kamu masukkan tidak akan hilang, fitur autosave yang ada di oracle sangat baik.
  • oracle memberikan perlindungan yang sangat baik pada setiap data yang kamu masukkan.
  • bisa digunakan untuk melakukan lock hingga level row-level yang menyebabkan penggunaan database ini bisa digunakan lebih cepat meskipun digunakan secara bersamaan.
  • Oracle Data Mining & Data Warehousing dimana fitur ini berfungsi untuk membantu dalam menentukan strategi perusahaan kedepan yang berdasarkan dari analisis data yang ada.
  • Virtual Private Database, dimana fitur yang ada pada Oracle ini berfungsi sebagai keamanan yang akan menjaga berbagai transaksi yang terjadi di internet.
  • Flashback Query, dengan adanya fitur ini memungkikan anda untuk bisa melihat kembali status data pada waktu sebelumnya hingga batas sesuai dengan apa yang anda tentukan.

2. Microsoft Acces

Software database ini sangat cocok digunakan dibeberapa komputer relasional.
software ini biasa digunakan oleh pengguna rumahan, Penggunaan untuk software database ini cukuplah mudah karena menggunakan format data yang sangat umum. Data yang bisa terbaca untuk database yang satu ini diantaranya seperti format Microsoft Acces, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Databse ataupun semua data yang bisa mendukung akan penggunaan ODBC. Dengan penggunaan data yang mudah ini software database ini bisa digunakan sebagai pengembangan untuk perangkat lunak aplikasi dari yang sederhana hingga yang komplek sekalipun.

Menurut Wikipedia, Microsoft Acces adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

3. MySQL

Software ini bisa digunakan diseluruh platform linux maupun windows karena merupakan software open source. Software ini menggunakan program network yang artinya bisa diakses oleh multi user.
kamu bisa mengunduh software ini secara gratis dan sudah disebar melalui internet yang menggunakan lisensi GPL.

MySQL ini menjadi salah satu database yang paling diunggulkan jika dibandingkan dengan database server yang lainnya terutama untuk masalah query data. Hal ini dikarenakan kecepatan membagi data pada software database ini lebih cepat jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Kelebihan MySQL

  • Penggunaan Gratis
  • Query data lebih cepat
  • Bisa digunakan multi user


4. MySQL Server

Untuk software database ini merupakan database yang merupakan sistem manajemen basis data relasional yang digunakan untuk produk Microsoft. Bahasa yang digunakan untuk kueri dari software database ini merupakan bahasa Transact-SQL yang merupakan gabungan dari SQL standar ANSI/ISO. Bahasa ini juga merupakan bahasa software database yang sering digunakan untuk Microsoft ataupun Sybase. Pada awalnya database ini hanya bisa digunakan untuk data berskala kecil hingga menengah, namun saat ini sudah bisa digunakan hingga data yang berskala besar sekalipun.

Dalam berkomunikasi, Ms SQL Server ini menggunakan jaringan porotokol TDS atau Tabular Data Stream. Fitur pendukung dari database ini adalah, database ini bisa digunakan untuk bahasa pemrograman driver JBC karena memiliki driver JDBC. Selain itu, database ini juga bisa digunakan untuk mirroring ataupun clustering.

Kelebihan MySQL Server

  • Berfungsi untuk platform yang banyak dan berbeda.
  • Bahasa yang digunakan cukup banyak.
  • Type data yang juga beragam dan sangat banyak.
  • Sangat mendukung untuk kalimat SQL GROUP BY dan juga ORDER BY.


5. Postgre SQL


Menurut Wikipedia Postgre SQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Peranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.

PostgreSQL berjalan pada semua sistem operasi utama, termasuk Linux, UNIX (AIX, BSD,HP-UX, SGI IRIX, Mac OS X, Solaris, Tru64), dan Windows. Mendukung teks, Gambar, suara, dan video, dan termasuk pemrograman antar muka untuk C / C++, Java, Perl,Python, Ruby, Tcl dan Open Database konektivitas (ODBC).


6. FireBird

Menurut Wikipedia FireBird adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland.

Firebird atau juga terkenal dengan nama FirebirdSL menjadi salah satu sistem manajemen basisdata yang menawarkan berbagai fitur standar. Fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan untuk database yang satu ini diantaranya seperti ANSI SQL-99 dan jga SQL-2003. Database ini bisa digunakan dengan sangat baik dan bisa berjalan dengan cepat ketika digunakan untuk Linux, Windows dan bahkan untuk sebagian platform Unix. Untuk Firebird sendiri merupakan modul terbaru yang sudah disempurnakan pada beberapa bagian yang membuatnya menjadi semakin maksimal. Firebird ini memiliki linsensi dibawah Initial Develper’s Public License.

Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "Inilah 6 Software Database Sederhana Paling Cocok Untuk Kamu"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel