Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, iCloud

Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, dan Icloud?


Webmotivasiku.blogspot.com I Cloud Storage merupakan media penyimpanan yang dalam pengaksesannya memerlukan jaringan internet. Namun tentu saja filenya berada di komputer dimana kita harus membuat akun cloud storage terlebih dahulu. Contoh kecilnya jika kita seorang web designer maka kita memerlukan file-file yang berupa gambar, font, flash, file tutorial dll. Untuk memudahkan dalam pengerjaannya maka sebaiknya kita menggunakan media penyimpanan cloud storage. Karena cloud storage ini dapat mengefesiensikan waktu dan tempat di bandingkan menggunakan media penyimpanan seperti flashdisk maupun CD.
Misalnya di suatu waktu flashdisk kita tertinggal atau kepingan CD yang rusak, maka kita akan kesulitan untuk mengerjakan suatu tugas jika data-data ada di media tersebut. Namun saat data kita di simpan secara “cloud”, maka kita dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun asal kita bisa terhubung dengan internet. Sehingga kita tidak perlu khawatir flashdisk yang lupa di bawa atau rusak. Para penyedia layanan ini menggunakan ratusan server untuk menyimpan file-file. Karena tentu saja mereka harus mengadakan maintenance secara berkala. Ruang yang terbatas? Sepertinya ruang yang disediakan sudah lebih dari cukup. Jika penuh, pengguna bisa membuat akun baru lagi, atau bisa juga mengambil layanan premium dengan membayar sejumlah tarif untuk mendapatkan tempat penyimpanan yang lebih besar. Yang paling ditekankan dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengakses data-data kita di mana saja dan kapan saja.
Akan tetapi, disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, tidak lepas juga akan kekurangan system tersebut, berikut adalah perbandingan beberapa macam Cloud Storage.

1.      Google Drive

Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, dan Icloud?


Diluncurkan pada 24 April 2017, layanan penyimpanan online atau cloud storage ciptaan Google ini adalah layanan penyimpanan dalam format web yang dapat digunakan oleh pengguna desktop Windows atau Mac dan dapat juga diakses dengan menggunakan smartphone Android dan tablet.
pengguna Google Drive dapat menyimpan foto atau gambar, video, aplikasi dan segala macam jenis data di dalamnya. Penggunanya juga dapat mengolah video atau mengirimkan faks secara langsung melalui server Driver.

Kelebihan Google Drive:
Google drive mendukung pengeditan dokumen secara langsung dari browser.
Mensupport banyak file, google drive dapat membuka hingga 30 macam format file langsung melalui browser. bahkan ketika perangkat lunak tersebut tidak diinstal pada desktop Anda. Hal ini sangat berguna jika Anda seorang desainer yang biasanya bekerja dengan file berukuran besar seperti photoshop atau illustrator. Sehingga file Anda akan lebih mudah diakses di setiap waktu dan tempat.
Kekurangan Google Drive:
Tidak ada fasilitas share link download file untuk publik, seperti dropbox.

Biaya:

- 5GB: Gratis

- 25GB: USD 2.49 (GBP 1.54) /bulan

- 100GB: USD 4.99 /bulan

- 1000GB: 49.99 /bulan

- 16.000GB: 799.99 /bulan


2.  DropBox

Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, dan Icloud?


DropBox menjadi salah satu tempat penyimpanan data online yang terkenal saat ini karena teknologi yang dipakainya menawarkan kemudahan dalam menyimpan suatu data ke dalamnya. Sejak tahun 2007, DropBox berhasil mengumpulkan lebih dari 50 juta pengguna dari seluruh dunia.

Tidak hanya pengguna desktop Windows atau Mac dan smartphone Android atau tablet saja yang dapat menggunakan tempat penyimpanan online ini, pengguna iOS dan BlackBerry juga dapat menikmati jasa layanannya.

Kemudahan yang ditawarkan DropBox adalah penggunaan sistem drag and drop. Apabila di tempat-tempat lain mengharuskan untuk mengunggah data yang akan disimpan, pengguna DropBox hanya perlu drag file atau menarik data yang ada di dalam desktop atau perangkat lainnya ke dalam situs penyimpanan online ini.

Biaya:

- 2GB: Gratis (pengguna DropBox akan mendapatkan quota gratis lebih apabila merekomendasikan DropBox ke orang lain)

- 50GB: USD 9.99 (GBP 6.20) /bulan atau USD 99 /tahun

- 100GB: USD 19.99 /bulan atau USD 199 /tahun

- Tanpa batas: USD 759 /tahun (untuk 5 orang, setiap orang dikenakan biaya USD 125 /tahun)

Kelebihan Dropbox:
Dropbox hadir pada hampir semua sistem operasi yang populer, Dropbox for windows, Dropbox for iOS, Dropbox for android, Dropbox for Mac, Dropbox for Ubuntu, dll.
 Full Sharing, tidak seperti file sharing lain Dropbox bisa public direct download.
Kapasitas penyimpanan bisa sampai 18 GB, namun perlu sedikit usaha dengan cara menginvite teman2 sebanyak 32 orang. 1 orang = 500 MB.
Kekurangan Dropbox:
Kapasitas penyimpanan standarnya kecil hanya 2 GB
 


3.  Microsoft SkyDrive (OneDrive)

Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, dan Icloud?


Mungkin bisa dibilang produk ciptaan Microsoft ini adalah tempat penyimpanan data online termurah dibanding tempat penyimpanan data online lainnya. Microsoft SkyDrive dapat digunakan oleh pengguna perangkat beroperating system Windows, Mac, iOS, dan Windows Phone.

Pengguna SkyDrive juga dapat mengolah data-data Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan fasilitas Ms. Office lainnya.

Kelebihan SkyDrive (OneDrive):


Dengan OneDrive kita bisa langsung mengolah/mengedit data-data Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan fasilitas Ms. Office lainnya secara langsung dari browser.
Versi gratis diberi kapasitas lebih besar dari yang lain (7 GB)
Mudah dimengerti oleh kalangan non IT.
Kekurangan OneDrive:
Aplikasi desktop OneDrive akan crash dan tidak dapat berjalan ketika panjang path dari dokumen lebih dari 256 karakter.
Waktu sinkronisasi otomatis yang cukup lama.
Manajemen dokumen OneDrive di Mac OS yang masih terbatas.

Biaya:

- 7GB: Gratis

- 27Gb: GBP 6 /tahun

- 57GB: GBP 16 /tahun

- 107GB: GBP 32 /tahun

4. Box

Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, dan Icloud?

Situs ini adalah tempat penyimpanan data online pertama yang pernah ada di dunia maya. Box diluncurkan pertama kali pada tahun 2005 silam dan telah memiliki banyak pengguna sampai sekarang ini. Dua jenis layanan yang ditawarkan oleh Box, yaitu untuk pengguna umum dan pengguna bisnis.

Untuk setiap operating system dan browser yang dipakai penggunanya, Box menawarkan layanan yang berbeda, seperti scanning, sharing, dan editing. Box dapat diakses dengan menggunakan perangkat beroperating system Windows, Mac, iOS, Android, dan BlackBerry.

Biaya:

- 5GB: Gratis

- 25GB: USD 9.99 (GBP 6.20) /bulan

- 50GB: USD 19.99 /bulan

- 1000GB: USD 15 /bulan (untuk 3 orang, setiap orang wajib membayar USD 15)

- Tak terbatas: biaya bervariasi

Kelebihan Box:
Menyediakan fitur pemberi komentar di file pengguna lain.
Memberikan notifikasi ketika terdapat perubahan pada file.
Memberikan kontrol lebih terhadap privasi dari file yang disimpan.
Dapat melindungi file dengan menggunakan password dan mengatur masa kadaluarsa yang diinginkan.
Kekurangan Box:
Dianggap cukup mengganggu bagi para pengunggah biasa yang hanya menggunakannya untuk menyimpan file saja.

5.  Apple iCloud

Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, dan Icloud?


iCloud berfungsi untuk menyimpan foto, aplikasi, atau musik dan dapat disinkronisasikan dengan perangkat ciptaan Apple lainnya. Apple juga membuat iCloud ini dapat terhubung secara langsung dengan iTunes agar penggunanya juga dapat menyimpan data musik ke dalam iTunes.

Sayangnya, Apple masih terkesan pilih-pilih dalam masalah penyimpanan data. Pengguna iCloud hanya dapat menyimpan data yang telah ditetapkan oleh Apple, jadi tidak semua data dapat tersimpan di iCloud. Tempat penyimpanan data online ini hanya bisa digunakan oleh pengguna desktop Windows, Mac, dan perangkat iOS lainnya.

Kelebihan iCloud:
Gratis (5GB Storage)
 Mudah digunakan
Mendukung berbagai tipe device (Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Blackberry, Symbian)
 Bisa sinkronisasi folder dan file tanpa harus mengelompokkannya dalam 1 folder
 Mendukung interaksi Drag n Drop        
Kekurangan iCloud:
Tidak support Linux
Tidak mendukung real-time collaboration
Fitur Search hanya mencari melalui metadata, tidak melalui isi file
Biaya:

- 5GB: Gratis

- 15GB: GBP 14 /tahun

- 25GB: GBP 28 /tahun

- 55GB: GBP 70 /tahun

- iTunes Match: GBP 21.99 /tahun



Bagaimana Menurutmu? Lebih bagus mana  Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, iCloud??


Perbedaan History Google Drive dengan Icloud??

Sebenarnya Sama saja. Bedanya hanya di OS nya saja.
Google Drive bisa untuk Android dan IOS. Sedangkan Icloud  Dikhususkan Untuk pengguna Apple. CMIIWW 


Post a Comment for "Apa itu Google Drive, DropBox, SkyDrive, Box, iCloud"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan via Email