Apa itu Database? Bagaimana fungsi Database? Ini jawabannya

Apa itu Database? Bagaimana fungsi Database? Ini jawabannya| Assalamu'alaikum wr.wb :), pada beberapa hari yang lalu kita sudah membahas tentang Membuat Database Sederhana dan contoh database sederhana, sekarang kita akan membahas tentang Fungsi sebuah Database.

Sebelum ke pembahasan mengenai Fungsi Database, Alangkah baiknya kita mengetahui apa itu database.
Database adalah kumpulan beberapa data dan informasi yang tersimpan di dalam komputer secara sistematik yang dapat diperiksa,diubah,dimanipulasi dengan menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut.

Bagaimana cara kita membuat database? Software apa saja yang kita gunakan untuk membuat database? Kita akan membahas semua satu persatu ya :). namun sekarang kita akan membahas Fungsi Database.

FUNGSI PERTAMA : Pengelompokan Data

Database mengelompokkan data yang sesuai dengan permintaan user atau client terhadap suatu informasi secara cepat dan akurat.
apabila kita ingin mencari sebuah data dalam database, kita tinggal mengetikkan kata kunci yang ingin kita cari, Contoh : SMKN GUDO.12 TKJ-3
nah secara otomatis database akan mencari informasi yang sesuai terhadap kata kunci tersebut dengan cepat dan akurat. kita juga tidak usah bersusah payah mencari data tersebut karena data akan langsung ditampilkan langsung oleh database.

FUNGSI KEDUA : Mencegah Redudansi Data

Redudansi adalah terjadi data-data ganda dalam berkas-berkas yang berbeda, nah database mampu mencegah adanya redudansi data tersebut sehingga tidak ada data ganda yang ada didalam database.

FUNGSI KETIGA :  Kemudahan Akses Data

Database bisa memudahkan kita mengakses data yang kita perlukan karena dalam database sudah terorganisir dengan baik

FUNGSI KELIMA : Penyedia Ruang Penyimpanan

Database juga menyediakan ruang penyimpanan untuk menyimpan data-data aplikasi maupun sistem dalam komputer, karena kita pasti akan membutuhkan sebuah ruang penyimpanan yang besar untuk menyimpan data kita dan pasti terjamin keamanannya.

FUNGSI KEENAM : Menjaga keamanan dan kualitas data

Database juga memberikan keamanan data yang terjamin dan kualitas data dan informasi yang sesuai agar data tetap sama seperti saat kita simpan pada waktu yang lalu.

Database menjadi modal utama  perusahaan besar yang melayani anggota  dalam  jumlah besar (Facebook)  dan mesin pencari seperti Google dan Yahoo. Google mempunyai layanan video streaming dan penyimpanan data, Google Drive dan mesin pencari  Google. Ketiga layanan ini sangat membutuhkan kehandalan software database, sebab pengakses layanan ini dari seluruh dunia, dan bisa serentak melakukan akses  ke database Google. Apalagi situs layanan Youtube, dimana file-file video biasanya berukuran besar dibandingkan file teks dan gambar. Managemen sistem informasi database (DBMS)  yang dapat diandalkan  menjadi kebutuhan mutlak situs-situs besar seperti Facebook, Youtube, Yahoo untuk menunjang aplikasi  dan sistim yang dijalan pada situs mereka masing – masing .

Sekian pembahasan mengenai Fungsi Database pada artikel kali ini, Kita akan lanjutkan pembahasan kita pada artikel selanjutnya.  Tunggu artikel selanjutnya ya,,

0 Response to "Apa itu Database? Bagaimana fungsi Database? Ini jawabannya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel