Ternyata Ini! Manfaat atau Faedah Solawat yang Jarang kita ketahui.

Faedah Sholawat bagi kehidupan sehari-hari
Shalawat Nabi Muhammad Saw
Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bagaimana kabarnya teman-teman? semoga teman-teman dalam keadaan sehat walafiat, Amiin.
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Sholawat, yey.
Temen-temen disini pasti tau apa itu Sholawat? Sholawat adalah Sebuah pujian yang kita persembahkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai bentuk rasa cinta dan sayang kita ke beliau. Jika kalian pernah jatuh cinta kepada seseorang pasti kalian selalu menyebut namanya kan? terbayang-bayang wajahnya, ingin sekali bertemu dengannya setiap hari,
 begitu juga dengan Sholawat, jika kita cinta dan sayang kepada Nabi Muhammad Saw, cara apa yang kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang kita kepada beliau? ya dengan membaca sholawat secara rutin dong :).
Guru ngaji ku dulu pernah mengatakan begini "jika kita mengucapkan satu sholawat saja maka akan ada malaikat yang menyampaikan sholawat kita langsung kepada Nabi Muhammad Saw." Keren banget kan, Bahkan Rasulullah pernah bersabda "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali" Maksudnya adalah jika kita bersholawat satu kali maka Allah akan memberikan kita rahmat dan akan dilipatgandakan karena 1 kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali.
Kita bisa membaca sholawat dimana saja kita berada (kecuali di kamar mandi ya), banyak sekali bacaan sholawat yang beredar sampai sekarang, tapi bacaan sholawat yang paling kita dengar adalah Shallahu 'ala muhammad.
Manfaat atau faedah yang kita dapatkan dari sholawat banyak sekali lho, pada kali ini saya akan menjelaskan 2 faedah yang akan kita dapatkan jika kita sering membaca sholawat. baca baik-baik yaa :)

SHOLAWAT MENDATANGKAN SYAFA'AT

Syafa'at Nabi Muhammad Saw merupakan sesuatu yang diimpikan oleh setiap muslim, dimanapun berada. sebab setiap kaum muslimin tidak akan bisa mengandalkan amalan semata dalam menghadapi dahsyatnya hari kiamat, pertanyaan kubur dan peristiwa-peristiwa hebat yang terjadi di alam akhirat tanpa ada pertolongan atau syafa'at dari Nabi Muhammad Saw.
Mengingat begitu pentingnya syafa'at, maka mencari syafa'at Nabi merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap muslim, jika dirinya ingin selamat dalam mempertanggungjawabkan amalannya dihadapan Allah nanti.
Cara yang paling efektif agar kita memperoleh syafa'at adalah dengan banyak membaca sholawat kepada beliau. dengan perantara shalawat inilah, InsyaAllah seseorang bisa selamat dari berbagai fitnahan di dunia maupun di akhirat, sehinggan bisa memasuki surga dengan mudah, tanpa banyak menghadapi rintangan dan marabahaya.
Zaid bin Habab meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda :  "Barangsiapa membaca sholawat kepadaku, maka dirinya wajib memperoleh syafa'atku".
Aisya ra berkata :"Barangsiapa mencintai Allah, pasti banyak menyebutNYA (dengan banyak berdzikir padaNYA), buahnya diingat pula oleh Allah dengan pe,berian rahmat dan ampunanNYA, ia dimasukkan surga bersama para Nabi dan para Walinya, serta dimuliakan dengan memandang keindahan Dzatnya. Barangsiapa mencintai Nabi Muhammad Saw, maka pasti ia banyak membaca sholawat kepadanya. Buahnya ia akan memperoleh syafa'at dan mendekatinya di surga". Maksudnya menjadi kawan dekar Rasulullah Saw di surganya.
Ralulullah Saw bersabda :"Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku, sebab kalian menjadi ampunan bagi dosa-dosa kalian, dan tuntutlah wasilah bagiku serta tingginya derajat, sebab wasilahku merupakan syafa'at bagi kalian di hadapan Tuhanku".

Maka bisa dikatakan takabbur atau sombong orang yang menyepelekan sholawat, yang hanya mengandalkan amal ibadahnya ia yakin bisa masuk surga. Menyepelekan sholawat berarti merendahkan dan menghinakan Nabinya. Menghinakan Nabi Allah berarti tidak beriman kepadaNYA. dengan demikian, bukan surga yang kita dapat justru neraka menjadi tempat tinggalnya di akhirat.
Karena itu, hendaknya jangan sekali-kali menyepelekan sholawat, sebab efeknya besar sekali, terutama terhadap keselamatan aqidah, tingkah laku dan perkataan bisa-bisa tidak terkontrol, sehingga tanpa disadari bisa menjerumuskan diri pada kefasikan dan kekufuran. Na ' udzubillah Min Dzalik.


SHOLAWAT MENJADI SEBAB DIAMPUNINYA DOSA


Mungkin hanya sholawat yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan dzikir yang lain, selain orang yang membacanya mendapat syafa'at, juga dosa-dosanya di ampuni oleh Allah . Inilah keuntungan ganda yag diperoleh bagi orang yang suka membaca sholawat pada Nabinya.
Ada kisah menarik yang bisa kita jadikan pelajaran bagi orang yang ingin mengetahui keistimewaan sholawat yang bisa menghapus dosa.
Hasan Basri meriwayatkan : Aku pernah bermimpi melihat Abu Ishmah, aku lantas bertanya kepadanya : "Hai Abu Ishmah , apa yang telah diperbuat Allah kepadamu?"
Dia menjawab :"Allah telah mengampuni aku"
Hasan Basri lantas bertanya :"Dengan Amalan apa?"
Jawabnya :" Tidak ada satu hadits pun yang aku sebutkan, melainkan aku ucapkan Sholawat untuk Nabi Muhammad Saw"
Dengan mengucapkan sholawat sebelum mengucapkan suatu hadits menyebabkan Abu Ishmah diampuni dosa-dosanya oleh Allah.
Dalam keterangan Hadits yang lain, bahwa setiap sholawat yang dibaca oleh seorang hamba maka si hamba tersebut dimohonkan ampunan oleh ribuan malaikat.
Abdurrahman bin Auf meriwayatkan, bahwa Rasulullah telah bersabda :"Jibirl telah datang kepadaku, seraya berkata :"Ya Muhammad, tidak ada seorang pun yang membaca sholawat untukmu, melainkan dimohonkan ampun oleh 70.000 malaikat. Barangsiapa didoakan oleh para malaikat, maka dia tergolong penghuni surga".
Rasulullah Saw bersabda :"Sholawat kepadaku akan menjadi nur (cahaya) ketika melintasi shirath. Barangsiapa membaca sholawat kepadaku pada hari jum'ah 80 kali, maka diampuni dosa-dosanya selama 80 tahun".
Abu Kahil meriwayatkan, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda :"Wahai Abu Kahil, barang siapa bersholawat untukku tiga kali sehari, dan tiga kali semalam, karena cinta dan rindu kepadaku, maka pastilah Allah mengampuni dosa-dosanya pada hari itu dan dosa-dosanya pada malam itu".
Dengan dihapusnya dosa-dosa orang yang membaca sholawat, maka dengan sendirinya ia akan masuk surga dengan mudah, karena seluruh dosanya sudah diampuni oleh Allah berkat bacaan sholawatnya kepada Nabi Muhammad Saw.

Itulah 2 Manfaat atau Faedah yang akan kita dapatkan dari membaca sholawat, sebenarnya masih banyak sekali faedah yang akanb kita dapat jika kita terus membaca sholawat setiap hari, pada Artikel selanjutnya saya akan membahas Manfaat atau Faedah-faedah lain yang kita dapatkan ketika membaca sholawat untuk Nabi Muhammad Saw :). Nantikan artikel selanjutnya ya :)

Wasalammu'alaikum Wr.Wb

0 Response to "Ternyata Ini! Manfaat atau Faedah Solawat yang Jarang kita ketahui."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel