Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kamu harus tau ! begini Sejarah Perkembangan Komputer dari generasi ke generasi (Lengkap)

Sejarah Perkembangan komputer dari awal sampai sekarang-  halo teman-teman, berjumpa kembali bersama saya diblog sederhana ini :). kali ini kita akan membahas tentang sejarah perkembangan komputer. simak ya



Sebelum tahun 1940

sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data seupaya bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat. komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini

komputer piranti dan pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar penghitungan matematik biasa. diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.


  1. peralatam manual : peralatan pengolahan data yang sangat sederhana dengan menggunakan tangan manusia
  2. peralatan mekanik : pealatan yang sudah terbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
  3. peralatan mekanik elektronik : peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
    1. peralatan elektronik : peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.
    Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer

    ABACUS


    Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini,dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.


    KALKULATOR RODA NUMERIK (Pascaline)


    Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.
    pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.


    KALKULATOR RODA NUMERIK 2



    Tahun 1964, seorang matematikawan dan filsuf jerman, Gottfred wilhem von leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.


    KALKULATOR MEKANIK


    Menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.


    Setelah tahun 1940

    Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi

    Komputer Generasi Pertama
    Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.

    Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.

    Komputer Generasi Kedua
    Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.

    Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.

    Komputer Generasi Ketiga
    Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.

    Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

    Komputer Generasi Keempat
    Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.

    Komputer Generasi Kelima
    Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.


    sekian, semoga bermanfaat :)

    Post a comment for "Kamu harus tau ! begini Sejarah Perkembangan Komputer dari generasi ke generasi (Lengkap)"

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    Berlangganan via Email