Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Topologi Star

Mungkin anda masih asing dengan kata topologi jaringan komputer, topologi jaringan komputer adalah suatu aturan atau cara untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya sehingga membentuk suatu jaringan. Topologi jaringan juga dapat didefinisikan sebagai gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen jaringan, yang meliputi Server, Workstation, Hub, dan pengkabelannya.



Dalam pemilihan topologi harus dipertembangkan pada beberapa faktor, hal ini akan mempengaruhi kualitas, efektivitas dan efisiensi juga, faktor-faktor tersebut diantaranya sebagai berikut :
  1. Biaya
  2. Kecepatan
  3. Lingkungan
  4. Ukuran
  5. Konektivitas
Topologi jaringan sendiri terbagi menjadi dua yaitu:
  • Physical. Merupakan gambaran fisik dari hubungan antara perangkat (komputer, server, hub, switch, dan kabel jaringan) yang membentuk suatu pola khusus
  • Logical. Merupakan gambaran bagaimana suatu perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lainnya.
sudah paham tentang pengertian topologi jaringan kan? sekarang kita lanjut ke Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Topologi Star. mungkin banyak sekali Warnet, Perusahaan, Sekolah, ataupun lembaga-lembaga perusahaan lainnya yang menggunakan topologi jaringan jenis Star untuk menghubungkannya. Pada kesempatan kali ini saya akan membicarakan mengenai Apa itu Topologi Star?, Bagaimana Karakteristik dari Topologi Star?, Apa saja Kelebihan dan Kekurangan dari pemakaian/penggunaan Topologi Star?. Semuanya akan saya Share disini, Cekidot.


Pengertian Topologi Star



topologi star
topologi star


Topologi star merupakan bentuk jaringan yang mana terdapat satu penghubung (Hub/Switch) sebagai pusat dan setiap komputer terhubung ke penghubung tersebut. Hub/Switch ini posisinya ada di central dan berfungsi untuk menghubungkan satu komputer ke setiap komputer yang terhubung dan juga menghubungkan komputer ke File Server.

atau bisa juga

Topologi Star merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Masing- masing workstation di hubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich. Intinya topologi ini mengunakan Hub/Switch untuk menghubungkan dari komputer satu ke komputer yang lain. Hub/ Switch berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari kopmputer dan meneruskan ke semua komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut. Topologi jaringan Star termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.


Karakteristik Topologi Star

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki topologi star, yaitu
  • Setiap Node berkomunikasi secara langsung dengan central node. Traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.
  • Setiap paket data yang masuk ke consentrator (hub), di-Broadcast keseluruh node yang terhubung, dimana jumlah node sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan menurun dan semakin menurun.
  • Mudah di kembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsug terhubung ke central node.
  • Jika terjadi kerusakan pada salah satu node maka hanya pada node tersebut yang terganggu tanpa menggangu jaringan lain.
  • Dapat di gunakan Kabel Lower karena hanya meng-handle satu trafik node dan biasannya mengunakan kabel UTP.
  • pada setiap komputer host memiliki kabelnya sendiri yang terhubung lansung pada perangkat pusat hub, switch, multipoint repeater, atau bahkan Multistation Access Unit (MAU) melalui sistem point-to-point

Kelebihan Topologi Star

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki topologi star, yaitu

Mudah dalam troubleshoting dan dapat memperbaiki kerusakan dengan mudah

Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut dan Fleksibel dalam hal pemasangan jaringan baru, tanpa mempengaruhi jaringan yang sudah ada sebelumnya.

Tingkat keamanan termasuk tinggi.

tingkat keamanan topologi star termasuk tinggi karena kontrol yang terpusat.
Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.

Topologi star tahan  terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk karena topologi ini memiliki jalur sendiri-sendiri dan juga memiliki akses kontrol yang terpusat. bisa dipastikan topologi star akan tahan dengan lalu lintas jaringan yang sibuk.

Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.


Karena topologi star memiliki banyak saluran, maka penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah dan tak ada masalah.

Akses Kontrol terpusat.

Topologi star dapat dengan mudah digunakan karena akses kontrolnya yang terpusat.

Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.


Topologi star tergolong mudah dalam melakukan deteksi kesalahan, apabila ada kesalahan atau kerusakan maka akan mudah melakukan troubleshoting.

Paling fleksibel. 

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh topologi star ialah fleksibilitas yang ditawarkan. Anda dapat dengan mudah menambah atau mengurangi host komputer, tanpa mempengaruhi lalu lintas data pada komputer lainnya. Hal ini yang membuat topologi star cocok untuk diterapkan pada jaringan berskala besar

Baca Juga : Pengertian Topologi BUS Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari kelebihan topologi star adalah 

 bahwa dengan adanya kabel tersendiri  untuk setiap workstation ke server, maka Bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan menambah atau meningkatkan kerja jaringan secara keseluruhan. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan sengan server, dan jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan.



Kekurangan Topologi Star

Boros Kabel

Boros dalam pemakaian kabel, jika dihubungkan dengan jaringan yang lebih besar dan 
luas. dan juga Kebutuhan kabel yang lebih banyak dibandingkan dengan Topologi yang lain. Karena setiap workstation harus memiliki kabel tersendiri untuk terhubung dengan Hub/Switch dan juga membutuhkan penanganan secara khusus.

Terjadi Collision

Bila pengiriman data secara bersamaan waktunya, dapat terjadi Collision.

Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti

Pada topologi star, jika node tengah mengalami kerusakan maka rangkaian akan terhenti. mengapa? karena node tengah bisa dikatakan jantung dari topologi star ini. jika rusak, akan mengakibatkan rangkaian berhenti atau terputus.
.
HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.

Peran hub sangat sensitif sehinga ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan 
tersebut akan down.

Jaringan tergantung pada terminal pusat.

Salah satu kelemahan dari topologi star adalah ketergantungan host pada perangkat pusat. Jadi apabila perangkat pusat mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terkena dampaknya, sebab perangkat pusat ini merupakan satu-satunya jalur data yang dimiliki host untuk dapat terhubung ke host lainnya.

Jika menggunakan switch dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.

Biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring.

Dengan kelebihan yang sangat banyak tentunya biaya yang dikeluarkan untuk membangun topologi star ini tergolong mahal dari topologi yang lain. sebab pada topologi star setiap host membutuhkan satu buah kabel untuk dapat terhubung ke perangkat pusat. Perangkat pusat juga sebaiknya perangkat yang berkualitas tinggi, sebab kecepatan transmisi data pada jaringan dipengaruhi juga oleh jenis perangkat pusat yang digunakan


Kesimpulan yang bisa kita ambil dari kelebihan topologi star adalah 

Kebutuhan kabel yang lebih banyak dibandingkan dengan Topologi yang lain. Karena setiap workstation harus memiliki kabel tersendiri untuk terhubung dengan Hub/Switch dan juga membutuhkan penanganan secara khusus.



Sekian pembahasan mengenai topologi bus ini. Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian topologi star beserta karakteristik, kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.
jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu topologi jaringan dan jenis-jenisnya dapat anda temukan langsung di Pengertian dan jenis-jenis topologi jaringan LENGKAP
 

0 Response to "Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan Topologi Star"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel