TIPS MENUMBUHKAN SEMANGAT



Suatu saat pasti kamu merasakan tidak punya semangat untuk melakukan kegiatan apapun. Kamu sendiri tidak tahu dari mana sumber tidak adanya semangat ini. Kamu pun berpikir bagaimana menumbuhkan kembali semangat yang sudah layu. Nah, berikut ini beberapa tips menumbuhkan dan menyuburkan kembali semangat agar terus membara dalam dada:

1.     Buatlah tulisan yang besar dan mudah trerbaca walau hanya dengan sedikit menoleh. Kemudian simpanlah di tempat strategis di sekeliling kamu, supaya kamu dapat membaca tulisan tersebut. Isi tulisannya adalah komitmen diri untuk meraih kesuksesandalam hidup.

2.     Carilah pasangan yang bisa menjadi sahabat sejati. Dia akan menjadi teman yang mengingatkan kala kamu lupa.dan akan menjadi teman yang memberikan motivasi kala semangat sedang turun dan kendor.

3.     Merenung sejenak, adakalanya manusia menemui kejenuhan, bail kejenuhan fisik maupun pikiran. Jika hal itu terjadi, kamu harus merelakan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan. Dengan sedikit waktu saja, cukup untuk menyegarkan fisik dan pikiran kamu. Dan, tentunya semangat berkarya akan kembali bergelora dalam jiwa kamu.

4.     Membaca buku par tokoh terkemuka. Luar biasa hasilnya, jika kamu di upgrade terus dengan bacaan-bacaan tentrang orang-orang sukses. Biasanya buku ini adalah biografi atau auto biografi. Agar kamu tidak malas membacanya, coba kamu tulis juga inti atau motto orang-orang yang sukses tadi. Sempatkan untuk membaca secara utuh buku tersebut, tulislah pokok-pokok pemikirannya, tuangkan dalam buku saku yang mudah dibawa dan dibaca, kalau memungkinkan , tulis dalam sebuah poster. InsyaAllah, setiap semangat kamu menurun, dengan melihat dan membaca motto tersebut, semangat akan bergelora kembali, laksana api yang hamper padam kemudian disiram dengan minyak tanah atau bensin. Bagaimana jadinya?

5.     Berserilah selalu , ingatlah, bahwa kamu hidup di tengah-tengah masyarakat yang sangat memengaruhi segala sikap dan tindakan kamu. Demikian pula, jika sikap kamu menyenangkan maka kamu akan menjadi penyejuk dan motivator bagi yang lainnya. Akan tetapi, sebaliknya, jika sikap dan tindakan kamu tidak terpuji maka di samping merugikan diri kamu sendiri juga akan merugikan semua orang yang ada di sekelilingmu.
Itulah beberapa tips yang perlu kamu coba. InsyaAllah, jika kamu menelaah dan mencobanya maka kamu akan terus bersemangat setiap saat, dan kalau pun menurun, insyaAllah menurunnya tidak akan terlalu lama dan drastis. Semoga sukses! 

Leave a Comment