TIPS ASYIK MEMBACA

 Hasil gambar untuk tips asyik membaca

TIPS ASYIK MEMBACA| Membaca adalah kebutuhan setiap manusia. Sama seperti kebutuhan dimensi lainnya. Membaca bisa menjadi sarana yang menghubungkan antara akal manusia dengan ilmu pengetahuan, ideology, dan keyakinan. Karena itu, tidak heran kalaui Allah SWT menurunkan kata sebagai ayat yang pertama kali turun.
            Membaca bisa menjadi gerbang menuju dunia yang luas ini. Apalagi di masa sekarang, media untuk membaca sangat banyak, lebih-lebih lagi setelah era cyber atau dunia maua. Kamu bisa membaca apa saja sesekamu. Namun, meskipun sarana membaca sudah banyak sekali, buku-buku sudah banyak diterbitkan, dari buku yang termasuk kategori ringan sampai serius, masih saja ada teman-teman kamu yang tidak suka membaca, barangkali kamu juga termasuk golongan mereka, padahal membaca itu sangat penting dan penting sekali. Nah, biar kamu sama teman-teman kamu keranjingan membaca, berikut ini beberapa tips membaca yang baik:


1.      Jadikan membaca sebagai kebutuhan bukan kewajiban.   Mulai saat ini kamu harus mengubah paradigma berpikirmu, bahwa membaca sama kedudukannya dengan makan dan minum. Kalau makan dan minum untuk mengisi perut kamu maka membaca buku berarti “memberi makan” otak kamu.

2.      Konsentrasi ketika membaca. Membaca dengan konsentrasi penuh membuat kamu gak sekedar hafal apa yang ada di buku, tapi juga paham dan bisa mengambil pelajaran dari yang ditulis.
3.      Catatlah apa yang sudah kamu baca. Sepintar apapun seseorang, tidak mungkin bisa merekam semua materi yang dibacanya. Pasti, ada bagain-bagian dari hasil pembacaanya yang lupa atau tidak ingat sama sekali. Karena itulah, Sayyidina Ali bin Abi Thalib berpesan, “ilmu itu adalah laksana buruan, dan tulisan merupakan tali pengikatnya. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kokoh. Sungguh dungu orang yang berburu kijang, namun ketika sudah didapat dibiarkan begitu saja alias tidak diikat. Mencatat apa  yang sudah kita baca sangat berguna untuk mengingat-ingat poin-poin penting yang tertulis dalam buku.

4.      Membaca materi yang disukai secara bertahap. Mulailah dengan membaca buku-buku atau bacaan yang kamu sukai. Dengan membaca buku yang kamu sukai, membuat kamu nggak jenuh. Mulailah dengan membaca buku yang ringan, mudah dicerna kemudain yang serius, berat, dan berbobot.

5.      Memilih waktu yang tepat. Waktu yang tepat dan menurut kamu bisa enjoy juga ngaruh pada kenyamanan saat membaca. Biasanya, waktu yang enak untuk  menghafal adalah sebelum fajar, waktu untuk meneliti adalah pagi hari, waktu untuk menulis adalah tengah hari, dan untuk menelaah atau mengulang adalah malam hari. Tempat yang sejuk dan jau dari kebisingan juga bisa membuatmu asyik dalam membaca.

6.      Berdoa. Mintalah kepada Allah agar ilmu yang kamu baca bisa bermanfaat bagi diri kamu dan orang lain. Rabbi zidni ilman naafian warzuqni fahman waasian (Ya Allah tambahkanlah ilmu ysng bermanfaat bagiku, dan berikanlah pemahaman yang luas). Amin. Ya Rabbal Alamin

0 Response to "TIPS ASYIK MEMBACA"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel